Skripsi Administrasi Bisnis-PENGARUH FAKTOR SOSIAL, GAYA HIDUP, DAN KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI SEPEDA GUNUNG

Perkembangan usaha telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan. Salah satunya adalah persaingan bisnis yang semakin ketat yang mengakibatkan perubahan Perilaku Konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk. Dengan demikian, setiap perusahaan dituntut
memahami prilaku konsumen pada pasar sasaran untuk kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Dalam memasarkan produk produsen memberikan nilai lebih pada produk yang ditawarkan pada konsumen dengan harga bersaing. Salah satu produk yang sedang berkembang saat ini adalah sepeda gunung.

Sepeda merupakan salah satu sarana transportasi alternatif yang banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Sepeda juga dijadikan gaya hidup sehat oleh sebagian masyarakat. Mereka tergabung dalam kelompokkelompok kecil dan membentuk komunitas sepeda dimana komunitas tersebut dibentuk untuk menyalurkan hobi dalam bersepeda. Sepeda digunakan sebagai alat olahraga ringan dan juga merupakan salah satu alat transfortasi yang dapat digunakan untuk mengurangi polusi udara serta dapat  dipakai oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Para produsen sepeda juga memberikan inovasi-inovasi yang baru pada sepeda agar membuat para konsumen tertarik untuk membeli dan menggunakan sepeda. Konsumen sangat berhati-hati dalam memilih produk sepeda, karena sepeda yang mereka pilih menggambarkan faktor sosial dan gaya hidup. Gaya hidup menggambarkan seseorang secara keseluruhan individu yang berinteraksi dengan lingkungan.

Menurut Kotler dan Armstrong (2008) Gaya hidup juga mencerminkan sesuatu dibalik kelas sosial seseorang dan menggambarkan bagaimana mereka menghabiskan waktu dan uang nya. Sedangkan faktor sosial merupakan sekelompok orang yang sama-sama mempertimbangkan secara dekat persamaan didalam status atau penghargaan komunitas yang secara terus-menerus bersosialisasi diantara mereka sendiri baik secara formal dan informal (Kotler dan Keller, 2009).

Kondisi tersebut menyebabkan produsen sepeda giat mencari inovasiinovasi yang baru untuk menciptakan karateristik sepeda yang bernilai ekonomis tinggi, dipakai berbagai kalangan dan menjadi produk yang berkualitas. Menurut Burhani dan Lawrens (2003) Karateristik dapat diartikan sebagai ciri khas atau karakter yang dimiliki oleh setiap individu, corak tingkah laku, dan tanda khusus. Berdasarkan definisi diatas maka dalam penelitian ini karateristik dapat diartikan sebagain ciri khas atau karakter yang dimiliki oleh sebuah produk sepeda.

Sepeda sangat berkembang pesat di dunia dari tahun ketahun sepeda tidak pernah mengalami pasang surut itu dikarenakan produsen sepeda selalu membuat bermacam-macam bentuk dan kegunaan. Salah satunya adalah sepeda gunung. Sekarang, komponen khusus untuk sepeda gunung telah dikembangkan oleh para produsen menjadi sedemikian sempurna untuk memanjakan para pecinta sepeda gunung. Sepeda gunung dirancang agar dapat melaju cepat, aman dan nyaman dalam menuruni bukit dan gunung.

Mampu menikung dengan stabil pada kecepatan tinggi dan selalu dilengkapi suspensi belakang untuk meredam benturan yang sering terjadi. Sepeda gunung juga lebih mengacu pada lomba, sehingga selain kekuatan, yang menjadi titik tekan dalam perancangannya adalah bagaimana agar dapat melaju dengan cepat.

Para konsumen sepeda gunung di Indonesia pada umumnya sangat tertarik untuk membeli sepada gunung dengan berbagai motif. Diliat dari sisi lain dimana banyak bermunculan komunitas-komunitas sepada yang dapat menampung mereka dalam melakukan berbagai kegiatan dengan sepeda. Hal itu juga yang membuat mereka termotivasi untuk membeli sepeda gunung. Komunitas sepeda sangat berpengaruh bagi para konsumen karena komunitas menunjang bagaimana para konsumen sepeda melakukan suatu kegiatan seperti konvoi bersepeda.

Peneliti lebih tertarik memilih komunitas dibandingkan umum karena bila dikaitkan dengan teori, komunitas sepeda merupakan salah satu yang memiliki kesesuaian dengan faktor sosial gaya hidup dan karateristik produk, kaitannya dengan faktor sosial bisa kita lihat dimana seseorang membeli sepeda bisa karna berinteraksi dengan teman yang berada dikomunitas sepeda tersebut. Lalu gaya hidup, seseorang yang bereda di dalam suatu komunitas sepeda itu membeli sepeda untuk menghabiskan waktu libur atau luang nya dengan bersepeda dan kegiatan bersepedanya tersebut memiliki jadwal, tempat dan terorganisir dengan pasti, dibandingkan dengan umum yang membeli sepeda hanya untuk menghabiskan waktu libur dengan keluarganya dan tidak banyak juga yang membeli sepeda karena kebutuhan, lalu kegiatan merekapun tidak memiliki jadwal yang pasti dan tidak terorganisir. Sedangan karateristik produk pada sepeda, rata-rata seseorang yang berada dalam suatu komunitas mereka mengetahui suatu kelebihan sepeda yang akan mereka beli. Dibandingkan
dengan umum yang hanya membeli sepeda dan tidak mengetahui kelebihan atau kekurangan sepedanya tersebut. Komunitas juga memiliki struktuk keorganisasian, serketariat, mempunyai visi misi dan juga memiliki kegiatan sosial yang jelas.

Berdasarkan daftar komunitas sepeda gunung diatas dapat dilihat bahwa komunitas GAC memiliki jumlah anggota terbanyak dibandingkan  komunitas lain yang sejenis. Inilah yang menjadikan GAC lebih unggul dibandingkan dengan komunitas-komunitas lain.

GAC merupakan komunitas sepeda di Bandar Lampung yang fokus pada kepedulian sosial dan lingkungan. Pada saat ini memiliki anggota 135 orang yang tersebar di Bandar Lampung sesuai dengan data kongkret yang terdapat pada sekretaris GAC. Kebanyakan anggota tertarik masuk GAC,
karena program kegiatan yang jelas dan terkoordinir. Keanggotaan GAC sendiri terdiri dariberbagai profesi antara lain TNI, POLRI, PNS, Wiraswasta, Dokter, dan umum yang berdomisili di Bandar Lampung. GAC telah melakukan langkah kecil dengan mengkampanyekan kepada masyarakat terutama di Bandar Lampung untuk berolahraga sekaligus mengurangi polusi dengan bersepeda. Langkah GAC tidak hanya mengkampanyekan sepeda, namun juga mempunyai program penyelamatan lingkungan dengan penanaman pohon sebagai bentuk pendukung dalam mengatasi polusi udara.

Komunitas GAC aktif untuk bekerjasama dengan instansi terkait yaitu dinas Kehutanan dan Perkebunan untuk dapat memberikan informasi kegiatan. Selain kegiatan tersebut komunitas GAC juga melakukan kegiatan bakti sosial ke Panti Asuhan dan Yatim Piatu, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Secara umum sepeda gunung terdiri dari 5 jenis yaitu Cross Country, All Mauntain, Freeride, Downhill dan Dirtjump namun yang banyak digunakan anggota club GAC yaitu jenis Cross Country. Merek sepeda gunung yang banyak digunakan pada club GAC antara lain Polygon, Winm Cycle, Police, Patrol, Orbea, Mossow, Adrenalin, Giant dan Thirll. Peneliti tertarik melakukan penelitian pada komunitas GAC karena komunitas ini memiliki karakteristik keanggotaan yang heterogen mulai dari segi umur, pekerjaan, pendidikan hingga kelas sosial dan juga responden yang diperoleh mencakup berbagai kalangan serta sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan dalam penelitian. Dibandingkan dengan jumlah anggota komunitas sepeda gunung yang lain komunitas GAC memiliki jumlah anggota yang paling banyak.

Berdasarkan latar belakang diatas penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam serta memberi judul skripsi “PENGARUH FAKTOR SOSIAL, GAYA HIDUP, DAN KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI SEPEDA GUNUNG (studi pada anggota konsumen klub sepeda gowes asik club(GAC) Bandar Lampung)’’.